Penyakit Retina Akut Yang Membutuhkan Pembedahan

RetinaMata merupakan indra yang sangat vital dan penting bagi tubuh manusia, karena tanpa adanya fungsi mata, maka kita tidak akan bisa melihat dan penyakit pada mata akan sangat mengganggu kehidupan sehari-hari manusia. Penyakit pada mata, khususnya penyakit retina kebanyakan merupakan penyakit yang cukup serius, membutuhkan penanganan khusus dan tidak bisa dianggap remeh penyakitnya. Jika kita tidak menangani suatu penyakit mata dengan serius, maka bisa mengakibatkan cacatnya mata, sampai dengan kebutaan total. Gejala, dan penyakit mata terutama pada retina ada banyak sekali, mulai dari pendarahan di dalam retina mata, Ablasio retina, Age Related Macula Degeneration, pendarahan setelah operasi katarak pada mata, dan lain sebagainya. Sebagian besar penyakit mata yang serius risikonya adalah kebutaan total, dan kerusakan pada organ mata, sehingga jika tidak ditangani oleh dokter spesialis mata yang handal dan dengan sigap, maka risiko pada mata bisa sangat tinggi.

Berikut Ini Beberapa Penyakit Retina Akut Yang Membutuhkan Penanganan Serius

Penyakit pada retina yang serius pertama adalah Ablasio Retina. Ablasio Retina adalah, lepasnya lapisan retina mata pada koroid, dan merupakan sebuah penyakit retina mata yang serius. Penyakit ini, jika dibiarkan saja tanpa perawatan yang serius, bisa mengakibatkan rusaknya mata, hingga menyebabkan kebutaan total pada pasiennya. Lapisan retina atau fotoreseptor membutuhkan oksigen dan nutrisi yang didapatkan dari koroid, dan bila lapisan retina itu terlepas dari Koroid, maka fotoreseptor akan gagal, yang menyebabkan hilangnya penglihatan, atau bisa dibilang kebutaan total pada pasiennya. Penyakit ini mengharuskan pasiennya untuk melakukan perawatan intensif, hingga melakukan bedah retina, karena jika dibiarkan, maka penglihatan pasien pun akan terengut.

Penyakit pada retina mata kedua adalah Age Related Macula Degeneration, atau degenerasi pada bagian makula diatas retina mata yang disebabkan oleh faktor usia. Penyakit ini akan menyebabkan gangguan penglihatan pada pasiennya, hingga kebutaan sementara hingga permanen. Seiring dengan umur manusia, Makula pada retina mata juga akan mulai degenerasi, dan tidak akan seperti dulu lagi. Untuk menangani komplikasi ini, maka dibutuhkan peralatan diagnostik khusus, dan juga penanganan oleh dokter spesialis mata dan bedah retina yang profesional. Jika Anda ingin tahu lebih banyak mengenai penyakit retina, Anda bisa mengunjungi situs kami yang satu ini.

 

Related posts: